E-mail: admission@rsbhayangkarajambi.com | Call: : +0741 23246-34409 | Jambi : Kota Jambi  

HISTORY

SEJARAH

Pada Tahun 1964

Dibuka Klinik Polri yang dipimpin oleh Mayor Polisi Dr. Hendro. YS bertempat dikantor Komisariat dengan alamat di Jl. Untung Suropati No. 3 Jambi.


Pada Tahun 1965

Dari Klinik Polri berubah menjadi Balai pengobatan yang dipimpin oleh Mayor Polisi Dr. Hendro. YS yang bertempat di bekas Dodik 005 Jambi, yang sekarang digunakan untuk kantor Polsekta Jambi selatan.


Pada Tahun 1968 - 1971

Balai Pengobatan pindah kembali ke Jalan Untung suropati No. 3 Jambi yang dipimpin oleh Mayor Polisi Dr. Hendro. YS sebagai Kasi Kes Jas dan Wakilnya Mayor Polisi Dr. Fuad Ahmad dan bagian klinik Dr. Robby Tardianto.


Pada Tahun 1972

Bagian Klinik digantikan oleh Letnan Dua Polisi Dr. Amas Hutagalung.


Pada Tahun 1973

Balai pengobatan dipimpin oleh Let.kol Polisi Dr. Fuad Ahmad sebagai kasi kes jas.


Pada Tahun 1976

Dibuka klinik bersalin dan balai pengobatan yang dipimpin oleh Kapten polisi Dr. Amas Hutagalung sebagai Kasi Kes Jas.


Pada Tahun 1977

Tepatnya pada tanggal 9 Mei dibuka Tempat Perawatan sementara (TPS) dengan kapasitas 20 (dua puluh) buah tempat tidur dengan peralatan yang sangat minim dipimpin oleh Kapten Polisi Dr. Amas Hutagalung sebagai Kasi Kes Jas.


Pada Tahun 1984

Tepatnya pada tanggal 24 Desember dibuka kamar operasi.


Pada Tahun 1989

Tepatnya pada tanggal 22 Juni 1989 tempat perawatan sementara menjadi Rumah Sakit Tk. IV dengan kapasitas dengan tempat tidur 30 (tiga puluh) unit dengan Skep Kapolri No. Pol : Skep / 262 / VI / 1989 dipimpin oleh Dr. Amas Hutagalung sebagai Kasi kes Jas dan merangkap jabatan sebagai Karumkit.


Pada Tahun 1992

Dilakukan pemugaran dan rehabilitasi kamar pasien (Ruang Melati) sebanyak 10 (sepuluh) kamar dapat sumbangan dari CV. Rudi dan sebagai Kepala Rumah Sakit Letkol Polisi Dr. Amas Hutagalung.


Pada Tahun 1998

Pemugaran lantai – lantai zaal dapat bantuan dana dari ketua pengurus darma pertiwi pusat yaitu Ibu Uga Wiranto dan sebagai PJS Kadis Dokkes Dr. Syafrizal.


Pada Tahun 1999

Rumah Sakit Tk. IV dipimpin oleh Dr. Syafrizal sebagai Karumkit, dilakukan pemugaran / renovasi ruang kamar bawah dan bangunan depan secara swadaya dan partisipasi dari pengusaha Bank Indonesia. Pada Bulan Oktober Kadis Dokkes dijabat oleh Dr. Rullyanto, MPH. Pada Bulan November Karumkit Dr. Syafrizal pindah ke Polda Aceh, dan dibangun ruangan pemulihan Pasca Operasi. Pada bulan Desember untuk mengantisipasi dan melanjuti kebijaksanaan KAPOLRI dalam upaya penanggulangan Narkoba dan dipugar kamar pasien sebanyak 2 (dua) kamar untuk perawatan pasien Narkoba dan berfungsi Ganda untuk kamar Paviliun.


Pada Tahun 2000

Pada Bulan Maret Karumkit dijabat Oleh Dr. Hascaryatmo, Pada Bulan Juni dibangun Ruangan Tengah (Zaal Laki – laki, Zaal Wanita, Kamar Jaga Perawat, Ruang Kamar Operasi, ICU) dana didapat dari swadaya dan dana bantuan dari pengusaha. Serta pengadaan Fasilitas Ruangan (AC, TV dan Furniture yang lain) dengan dana swadaya. Untuk meningkatkan pelayanan di Rumah Sakit, IGD Rumkit 24 Jam dengan dibuat tanda Plang IGD 24 Jam didepan Halaman Rumkit serta Plang Nama RUMAH SAKIT BHAYANGKARA untuk nama rumah sakit . Penambahan sarana prasarana dari Mabes Polri berupa barang medis soft loan dan rontgent.


Pada Tahun 2001

Pada Bulan Januari dibangun Ruang Angrek yang terdiri dari Angrek I dan II Untuk kamar VIP, Zaal Anak, Kelas anak, Ruang Rontgen, Dapur. Dana didapat dari Mabes Polri.Pada Bulan Mei direnovasi Ruang Administrasi yang sebelumnya sebagai Ruang Aula.


Pada Tahun 2002 – 2004

Pada Bulan Juni Karumkit digantikan oleh Dr. YUSUF MAWADI. Untuk kelancaran dan peningkatan pelayanan dirumah sakit, Rumah sakit diberi bantuan Jenset, dana didapat dari bantuan pengusaha. Dan dari dana Swadaya Diadakan pemasangan satu kamar KBU (Wartel), PABX, (tiap kamar dipasang pesawat telpon), pemasangan Palang Nama dokter spesialis dan dokter jaga rumah sakit, Pemasangan Kanopi, Pengaspalan Teras depan, pemasangan rambu – rambu tanda petunjuk arah ke Rumah sakit. Dan kerjasama dengan Puskesmas Putri Ayu untuk pembungan limbah padat serta melengkapi sarana dan prasarana (Mis : Komputer, AC, TV, Kulkas). Dari dana swadaya direnovasi bekas ruangan Kamar operasi lama menjadi Zaal kebidanan dan direnovasi Ruang untuk Musholla. Bantuan dari JHHH (Jambi Hash House Heries) direnovasi Ruang VIP Angrek I dan II dan dilengkapi furniture didalamnya untuk ruang pamen. Ruang Mawar digunakan untuk Ruang PPT (Pusat Pelayanan Terpadu). Bulan Januari 2004, Kamar Mawar 1,2,3,4 dan Ruang KIA KB direnovasi dari dana swadaya.


Pada Tahun 2005 – 2008

Pada Bulan Maret 2005 Karumkit digantikan oleh Kompol Dr. ARIS BUDIYANTO,Sp.THT. Dilakukan pemasangan canopy pada garasi kendaraan dinas dan pemasangan PABX pada seluruh ruangan. Melakukan pengecatan seluruh ruangan di Rumah Sakit. Melengkapi sarana dan prasarana seperti AC, TV, Komputer dan sarana olahraga berupa tenis meja. Dalam rangka persiapan pelaksanaan Akreditasi Rumah Sakit, maka Karumkit melakukan renovasi yang dulunya ruang IGD akan dijadikan ruang rekam medik dan ruang kasir.


Pada Tahun 2008 – 2012

Pada bulan September 2008 Karumkit digantikan oleh Kompol Dr. H. M. EL YANDIKO. Pada bulan September tahun 2009 mulai dilakukan renovasi dan pengembangan fisik RS Bhayangkara Jambi. Pengembangan Rumah Sakit Bhayangkara Jambi dilaksanakan dalam II tahap. Dalam tahap I direnovasi gedung bagian depan Rumah Sakit dan penambahan bangunan menghubung 2 lantai, yang terdiri dari lantai dasar dan lantai I dengan luas total 2 x 420m2 = 840m2. Lantai dasar diperuntukkan sebagai IGD, Apotik, Kasir, Rekam Medik, Poliklinik rawat jalan, Poliklinik spesialis dan Poliklinik gigi. Untuk lantai 1 (atas) diperuntukkan sebagai ruang Karumkit, Waka Rumkit, Kasubbag, Kasubbid beserta staf, administrasi, ruang pertemuan, Taud, ruang komite medis, ruang PPT, ruang arsip data, gudang obat, dan 2 ruang perawatan VVIP.


Pada Tahun 2012 – 2018

Jabatan Karumkit Bhayangkara TK.III Polda Jambi dijabat oleh Kompol dr. WAHONO EDHI P. Sp. PD.

1. Penetapan kelas, dari kelas D ke kelas C yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan RI dengan Nomor : HK.02.03/I/0953/2014 tanggal 14 Mei 2014.

2. Penetapan tingkat, dari tingkat IV ke tingkat III yang ditetapkan oleh Kapolri dengan Nomor : Kep/272/III/2015 tanggal 31 Maret 2015.

3. Penetapan sebagai instansi BLU, dari Rumah Sakit Non BLU menjadi Rumah Sakit pengelola BLU dengan status BLU secara Penuh dengan Nomor : 677/KMK.05/2016 tanggal 30 Agustus 2016.

4. Akreditasi Rumah Sakit dari 5 Pelayanan Dasar, menjadi Rumah Sakit yang terakreditasi sesuai Standar KARS dengan status “PARIPURNA” dengan Nomor : KARS-SERT/448/XII/2016 tanggal 9 Desember 2016.

SARANA PRASARANA DAN LAYANAN

Bertambah nya alat – alat kesehatan canggih baik yang menerima dari Dropping Mabes Polri maupun dari pembelian sendiri, seperti :

1. CT – Scan 16 Slice

2. Fisiotherapi

3. Treadmill

4. Endoscopy

5. Laparascopy

6. USG 4 Dimensi

7. Probe Transvaginal + Linier

8. Echo Cardiographi dan Doppler Vasculer

. CR Radiologi

10. X-Ray Mobile

11. Slit Lamp

12. Viewer

13. Infant Warmer

14. Incubator

15. Audiometri

16. Spirometri

17. Monitor Pasien

18. Ventilator

19. Infuse Pump

20. Syringe Pump

21. Suction Pump

22. Paket / Alat Haemodialisa

23. Tempat Tidur Elektrik

24. Stretcher IGD

25. Pembuatan Instalasi Oksigen Central

26. Pembuatan IPAL dengan sistem Biofilter

27. Dll.

Bertambahnya layanan spesialisasi, seperti :

1. Spesialisasi Jantung dan Pembuluh Darah

2. Spesialisasi Urologi

3. Spesialisasi Orthopaedi

4. Spesialisasi Rehab Medik dan Rehabilitasi

5. Spesialisasi Patologi Klinik dan Patologi Anatomi,

6. Dll. Bertambahnya ruang dan representatif nya ruang pelayanan, seperti :

1. Pembuatan Ruang ICU

2. Pembuatan Ruang Pelayanan Haemodialisa

3. Pembuatan Ruang Perawatan Anak dan Nurse Statition

4. Pembuatan Ruang Fisiotherapi

5. Pembuatan Ruang Resepsionis

6. Renovasi Ruang Rawat Inap menjadi Presiden Room

7. Renovasi Ruang Rawat Inap Kelas III, II, I, VIP dan VVIP serta nurse station

8. Renovasi Ruang Poliklinik

9. Renovasi Ruang BPJS Centre

10. Renovasi Ruang Pendaftaran / Rekam Medis

11. Renovasi Ruang Radiologi

12. Renovasi Ruang Laboratorium

13. Renovasi Ruang Manajemen

14. Renovasi Kamar Jenazah dan Ruang Rawat Tahanan

15. Renovasi Gudang Obat

16. Renovasi Selasar Ruang VIP

17. Renovasi Selasar Ruang OK

18. Renovasi Selasar Ruang IGD dan Kasir

19. Renovasi Selasar Depan (Lobby)

20. dll

Bertambahnya jumlah tempat tidur, yang semula hanya 60 unit sekarang telah menjadi 101 unit.

Bertambahnya media informasi dan komunikasi, seperti :

1. telah dibuat Aplikasi RS Bhayangkara Jambi berbasis android yang dapat dibuka di playstore, guna :

- mendaftar secara online

- mengetahui ketersediaan kamar rawat

- jadwal dokter

- dsb

2. adanya website : www.rs.bhayangkara.jambi

3. media sosial facebook rs bhayangkara jambi, dimana dalam media sosial tersebut sering menjadi tempat curahan hati pasien dan pengunjung

seperti kualitas layanan yang diberikan, sekaligus memberikan pesan dan kesan untuk RS Bhayangkara Jambi.

4. telah dibuat Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang lebih dikenal dengan SIM-RS. Cara kerja SIM-RS tersebut adalah untuk mempermudah

personel dalam mengecek ketersediaan kamar, data pasien yang sedang dirawat maupun data pasien rawat jalan yang akan dilakukan pemeriksaan

penunjang, jadi pasien rawat jalan tidak perlu lagi membawa surat pengantar dokter untuk pemeriksaan penunjang, pasien cukup datang ke unit yang

dituju dengan menyebutkan nama, unit yang dituju telah mengetahui tindakan apa yang akan dilakukan.


Pada Tahun 2018 – Sekarang

Jabatan Karumkit Bhayangkara TK.III Polda Jambi dijabat oleh dr. H. M. El Yandiko, Sp.An, MM



2018 All Rights Reserved | by : Information Technology